Cerita Rakyat

Cerita Rakyat Asal Usul Kota Surabaya

Cerita RakyatCerita rakyat asal usul kota Surabaya dimulai zaman dahulu di sebuah lautan. Hidup dua hewan buas yang sama-sama tak mau mengalah dan angkuh. Dua hewan itu adalah ikan hiu dan buaya. Mereka kerap berselisih dan bertarung saat berebut makanan. Karena keduanya sama kuat, ganas dan sama-sama cerdik, pertarungan pun berjalan amat lama. Sesudah berkali-kali bertarung dan tak dapat saling menjatuhkan, hiu sura dan buaya itu membuat kesepakatan. Karena kedua hewan itu telah merasa lelah dan bosan bila mesti bertarung. Akhirnya keduanya pun sepakat untuk membuat perjanjian mengenai pembagian wilayah kekuasaan. Dengan adanya perjanjian, kedua hewan itu tak pernah bertarung kembali karena keduanya telah berdamai dan menghormati wilayah kekuasaan masing-masing.

Kelanjutan Cerita Rakyat Asal Usul Kota Surabaya

Namun cukup lama beberapa waktu berlalu, ikan-ikan yang menjadi buruan hiu sura mulai habis di wilayah laut kekuasaannya. Akhirnya dia pun diam-diam mulai memburu mangsa di muara sungai agar tak diketahui buaya. Cerita rakyat ini dilanjutkan dengan buaya yang lama kelamaan mengetahui hiu sura telah melanggar kesepakatan. Akhirnya kembali menyebabkan pertarungan yang amat sengit antara kedua hewan itu. Mereka saling menggigit dan menerkam. Buaya memperoleh gigitan sura di ujung kanan ekor hingga selalu bengkok ke kiri. Sementara sura tergigit ekornya sampai nyaris putus.

Karena sama-sama terluka amat parah, keduanya pun menghentikan pertarungan. Hiu sura mengalah dan kembali ke wilayah kekuasaannya. Buaya yang kesakitan merasa menang karena berhasil mempertahankan wilayahnya. Sesudah pertarungan sengit itu kedua hewan tersebut akhirnya mati. Pertarungan antara hiu yang bernama Sura dengan buaya ini amat berkesan di hati warga Surabaya. Namun ada pula yang mengatakan Surabaya berasal dari kata sura dan baya. Sura mempunyai arti jaya, sedangkan baya mempunyai arti selamat. Surabaya dapat diartikan selamat dalam menghadapi bahaya. Oleh sebab itu nama Surabaya selalu dihubungkan dengan cerita rakyat ini. Dari cerita ini pula asalnya dibuat simbol Kota Madya Surabaya yakni gambar ikan sura dan juga buaya.

Related posts: