tanaman hidroponik

Sistem Hidroponik, Sistem Pertanaman Sederhana Yang Mudah Dilakukan

tanaman hidroponikPada artikel ini akan dibahas sistem hidroponik. Salah satu metode atau cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh sayuran yang segar tanpa adanya pestisida yaitu dengan membudidayakan sendiri sayuran tersebut. Yang menjadi permasalahan adalah tidak dari kita semua mempunyai lahan atau tanah untuk membudidayakan sayuran. Maka dari itu terdapat cara dimana kita bisa bertanam sayuran dengan pemanfaatan air sebagai suatu media pengganti tanah atau yang biasa disebut dengan metode bertanam hidroponik. Bagi Anda yang hobinya berkebun, metode hidroponik ini bisa sebagai penghilang stres. Tapi bagaimana cara pembuatan tanaman dengan metode hidroponik ini, pada artikel ini akan dijelaskan apa itu tanaman hidroponik yang hasil dari tanaman ini bisa langsung dinikmati keluarga.

Sistem Hidroponik Dan Penjelasannya

Dari namanya, hidroponik yaitu metode bertanam dengan menggunakan media larutan/air sehingga cara ini tidak membutuhkan tanah atau tempat yang luas. Sederhananya, hidroponik merupakan metode pembudidayaan tanaman dengan penggunaan air yang nantinya akan diperkaya nutrisi, bukan dengan tanah. Hal seperti ini membuat faktor bertanam seperti pengendalian hama, pencahayaan dan nutrisi lebih mudah diatur. Metode bertanam sistem hidroponik ini tidak membutuhkan pemakaian pestisida dan herbisida kimia sehingga ramah lingkungan dan hasil sayurannya pun pastinya lebih sehat. Budidaya tanaman dengan hidroponik menghasilkan tanaman dengan kualitas baik dan juga bebas kima. Hal ini pastinya akan menyehatkan kita khususnya anak-anak.

Laju dari pertumbuhan tanaman dari metode bertanam atau bercocok tanam hidroponik ini bisa sampai 50 persen lebih cepat dibandingkan dengan tanaman di tanah pada tingkat kondisi yang sama. Hal seperti ini disebabkan karena tanaman ini langsung mendapat air kaya nutrisi dan juga asupan makanan. Hal ini juga bisa membuat tanaman tanpa akar besar pencari nutrisi dapat bertahan. Tanaman hidroponik lebih tumbuh kuat, bersih dan juga sehat. Teknik bertanam dengan metode hidroponik ini juga pastinya akan ramah lingkungan dikarenakan tidak terlalu membutuhkan banyak air sebanyak bertanam secara metode konvensional. Hal tersebut dikarenakan sistem hidroponik ini tidak membutuhkan penyiraman air sama sekali.

Related posts: