peluang usaha

Sukses Beternak Burung Cinta

peluang usahaBurung adalah binatang piaraan yang banyak diminati. Memelihara burung di rumah sangatlah menyenangkan. Kotorannya pun mudah untuk dibersihkan. Memelihara burung dalam sangkar juga tidak mengkhawatirkan akan kabur. Bulu yang indah berwarna-warni menyejukkan mata. Jika digantung di depan rumah, dia akan menjadi pemandangan yang mengusir lelah bagi pemilik yang baru saja pulang kerja. Suaranya yang merdu menambah suasana asri di dalam rumah. Banyaknya orang yang memelihara burung menjadi peluang bisnis tersendiri. Salah satunya dengan beternak burung lovebird.

Lovebird atau burung cinta adalah burung yang indah dengan kolaborasi warna merah kuning hijau dan suara merdunya. Lovebird kebanyakan berukuran antara 13 sampai 17 cm, dengan berat 40 sampai 60 gram. Umur hidup burung ini adalah antara 10 sampai 15 tahun. Yang unik dari burung ini adalah jika berdekatan dengan pasangannya, mereka akan saling menyayangi, dan burung cinta ini bersifat monogami. Untuk beternak lovebird agar sukses dan laku dijual di pasaran, simak tips-tips berikut.

Pertama, siapkan bibit yang tepat. Lovebird jantan biasanya mengeluarkan suara kicauan yang menandakan dia siap kawin. Sediakan kandang dengan ukuran panjang 2 m, lebar 1,5 m, dan tinggi 2 m. Masukkan lovebird betina dan jantan dengan perbandingan 2:5. Letakkan juga rumah kayu yang berlubang untuk tempat lovebird betina bertelur. Pilih makanan yang berkualitas tinggi. kalau perlu, beri tambahan vitamin untuk menjaga kualitas keturunannya. Untuk mengawinkan lovebird, letakkan jantan dulu agar memilih sarang, baru masukkan yang betina. Jika telah terjadi perkawinan, betina akan hamil dan bertelur dengan estimasi waktu 18 hari. Umumnya, induk lovebird akan bertelur sebanyak 2 sampai 4 butir. Saat induk sedang mengeram, jaga kesehatannya. Tambahkan vitamin agar bisa mengeram dengan maksimal. Usai menetas, pisahkan bayi lovebird dari induknya. Beri makanan pellet dan bubur bayi kering selama 2 minggu. Setelah itu, tambah jenis dan kuantitas makanannya. Demikian sedikit tips untuk beternak burung cinta atau lovebird. Semoga sukses, dan semakin cinta.

Related posts: