peluang usaha

Tips Sukses Budidaya Ikan Lele

peluang usahaIkan lele merupakan jenis ikan yang sangat laku di pasaran. Jika Anda ingin memilih dibidang peternakan yang tidak memerlukan modal besar. Budidaya lele bisa menjadi pilihan tepat. Budidaya ikan berkumis yang satu ini juga memiliki beberapa manfaat yang menggiurkan antara budidaya ikan lele bisa dilakukan di tempat terbatas, pemasarannya mudah kios sampai supermarket mau menjual lele, ditambah lagi budidaya ikan yang setu ini tidak terlalu sulit. Berikut ini akan disampaikan beberapa tips dan trik budidaya ikan lele yang akan membuat Anda untung. Pemilihan benih ikan. Ciri-ciri benih unggul ikan lele yang harus Anda pilih antara lain benih terlihat aktif, lincah, dan gesit. Ukuran benih terlihat sama rata, dan benih yang bagus biasanya memiliki warna yang lebih cerah dibanding benih lain.

Untuk masalah tempat Anda tidak perlu membuat kolam permanen yang besar. Jika modal Anda masih mepet Anda bisa mencoba untuk membuat kolam sendiri menggunakan terpal di belakang rumah atau halaman rumah Anda. Sebelum digunakan hendaknya terpal dicuci sera dijemur untuk menghilangkan bau lem serta bahan kimia yang mampu membunuh bibit lele. Penggalian lubang untuk kolam hendaknya jangan terlalu dangkal dan jangan terlalu dalam, gali kolam sekitar 20-80cm. Setelah terpal dipasang pada lubang yang sudah Anda gali, isi kolam dengan air, lalu diamkan selama sekitar 1 minggu untuk pembentukan lumut. Setelah satu minggu tambahkan daun-daunan seperti daun pepaya untuk memberikan warna hijau dan tempat berlindung ikan dari sinar matahari. Setelah satu minggu barulah isi kolam dengan benih ikan.

Penebaran benih, kolam dengan ukuran 2mx1mx1m mampu menampung benih ikan lele kurang lebih 1000 benih dengan ukuran masing-masing benih sekitar 1,5 cm. Pada saat akan menebar benih hendaknya benih jangan langsung dimasukkan ke dalam kolam. Diamkan benih pada ember yang berisi air kolam selama 30 menit untuk membuat benih beradaptasi dengan habitat baru untuk menghindari stres pada ikan yang bisa membuat benih mati, setelah 30 menit benih siap untuk ditebar. Air kolam lele tidak perlu diganti karena lele sebenarnya memang tidak suka air jernih. Hanya saja Anda perlu menambah volume air karena tentu saja air dalam kolam akan berkurang karena proses penguapan. Warna kolam juga akan berubah merah yang menandakan ikan Anda sudah siap dipanen.

Related posts: